Copywriting adalah tulisan yang dibuat dengan tujuan dapat disebarkan untuk kepentingan tertentu, misalnya website, landing page, majalah, poster, brosur, blog, media sosial, dan sebagainya. Sedangkan Copywriter adalah orang yang membuat tulisan agar mudah dimengerti dan praktis.
Format dasar untuk copywriter membuat copywriting, yaitu:
1. Headline
Headline ini biasanya merupakan judul singkat tentang apa yang kita jual. Misalkan:
Mau tampil keren dengan kaos copywriter ? Pilih aja kaos copywriter tanpa ribet. Langsung keren.
2. Body Text
Untuk body biasanya mencakup beberapa hal yang lebih lengkap, yaitu: detail dari produk, manfaat, dan terutama alasan kenapa mereka harus beli. Misalkan:
Tersedia beagam pilihan model dan warna: Merah, hitam, terang, gelap dan ukuran S-XL. Harga terjangkau dari 75 ribu-95 ribu. Penawaran ini hanya berlaku hingga 7 hari kedepan.
3. Extra
Extra ini merupakan servis tambahan atau benefit lainnya. Extra ini bisa membuat orang yang ragu, menjadi berubah pikiran karena dia merasakan ada keuntungan lebih jika belanja di tempat Anda. Misalkan:
Garansi uang kembali jika penampilan kurang oke.
atau
Dijamin keren dan langsung semangat nulis ide-ide kreatif.
4. Closing
Closing adalah bagian dimana Anda harus memberi informasi terkait cara calon pembeli melakukan transaksi, jika transaksi manual ya harus mencakup call to action, kontak, dan lokasi (jika ada toko offline). Jika online di website, langsung kasih link yang menuju halaman produk. Misalkan:
Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi link ini atau hubungi t.me/PenaTama
..
..
..