Kini membuat iklan dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan foto ataupun video, caranya yaitu memilih latar dan gambar beserta isi pesan yang ingin ditampilkan untuk menarik minat customer.
CU = Close Up MCU = Medium Close Up MS = Medium Shot FS = Far Shot |
Terdapat jenis pengambilan gambar untuk foto dan video agar memiliki kesan yang diinginkan.
1. Pengambilan Gambar Luas (Wide Shot Angle) digunakan untuk membawa efek dramatis dalam memperlihatkan tempat kejadian atau menunjukkan lokasi, lebih berfokus kepada obyek dengan menggunakan subyek untuk mendukung obyek.
Candi Borobudur adalah obyek yang dalam foto ini didukung oleh subyek yaitu kegiatan orang-orang di sekitar candi. |
2. Pengambilan Gambar Penuh (Full Shot Angle) serupa dengan wide-shot namun lebih berfokus kepada subyek atau karakter secara keseluruhan dari kepala hingga kaki.
Denzel Washington sedang berjalan dengan setelan jas formal adalah subyek atau karakter yang ingin ditonjolkan dalam adegan ini. |
3. Pengambilan Gambar Medium (Medium Shot Angle) berfokus pada subyek atau karakter dengan gesture yang ditunjukkan untuk menyampaikan pesan dan interaksi dari adegan yang berdialog.
4. Pengambilan Gambar Jarak Dekat (Close Up) untuk menggambarkan karakter dan situasi dengan tujuan berinteraksi kepada yang melihat.
5. Pengambilan Gambar Jarak Dekat Medium (Medium Close Up) bertujuan sama dengan close-up, hanya berbeda dalam hal jarak pandang.
6. Pengambilan Gambar Jarak Sangat Dekat (Extreme Close Up) digunakan untuk memperlihatkan secara detail dan menarik perhatian, dengan tujuan membawa jarak pandang lebih dekat dengan situasi.
..